Rabu, 30 Desember 2009

FAKTA Peduli Pendidikan Ibu-Ibu dan Anak-Anak

Usia boleh saja sudah senja. Namun, semangat tetap harus dipupuk terus seperti layaknya anak-anak muda.seperti halnya antusias warga Gebang Mekar Kabupaten Cirebon yang mengikuti Pendidikan Buta Aksara yang diselenggarakan oleh FAKTA ( Forum Mahasiswa Kajian Strategis dan Aksi ) beberapa minggu lalu sepanjang bulan Oktober dan November dalam Format FAKTA peduli pendidikan dimana para peserta kebanyakan dari Ibu-Ibu dan anak –anak.

Alangkah pentingnya kita berteori dalam praktek di lapangan pendidikan karena pendidikan dalam praktek harus dipertanggungjawabkan. Tanpa teori dalam arti seperangkat alasan dan rasional yang konsisten dan saling berhubungan maka tindakan-tindakan dalam pendidikan hanya didasarkan atas alasan-alasan yang kebetulan, seketika dan aji mumpung.

Hal itu tidak boleh terjadi karena setiap tindakan pendidikan bertujuan menunaikan nilai yang terbaik bagi peserta didik dan pendidik. Bahkan pengajaran yang baik sebagai bagian dari pendidikan selain memerlukan proses dan alasan rasional serta intelektual juga terjalin oleh alasan yang bersifat moral. Sebabnya ialah karena unsur manusia yang dididik dan memerlukan pendidikan adalah makhluk manusia yang harus menghayati nilai-nilai agar mampu mendalami nilai-nilai dan menata perilaku serta pribadi sesuai dengan harkat nilai-nilai yang dihayati itu.

“Praktek tanpa teori adalah untuk orang idiot dan gila, sedangkan teori praktek hanya untuk orang-orang jenius”.

Adapun pengabdian kepada masyarakat ini yang merupakan hasil kajian khusus dari FAKTA ( Forum Mahasiswa Kajian Strategis dan Aksi ) Cirebon yang kemudian mengaktualisasikannya dengan TUJUAN :

  1. Memacu pembangunan masyarakat dengan meningkatkan kemampuan dan kemandirian ;
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pembelajaran ;
  3. Menerapkan hasil kajian FAKTA sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  4. Memperoleh masukan bagi peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
  5. Menjadi wahana keunggulan posisi bagi FAKTA dalam masyarakat.
  6. Peningkatan kapasitas dan kualitas manajemen pengabdian kepada masyarakat melalui penataan peran dan fungsi organisasi dan manajemen yang lebih baik.
  7. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggungjawab sosial.
  8. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil kajian khusus dan penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

F A K T A (FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)Cirebon