Jumat, 15 Januari 2010

FENOMENA PEKERJAAN JALAN INSPEKSI SEUSEUPAN KARANG WARENG

Jalan Inspeksi di Desa Seuseupan Kecamatan Karang Wareng Kabupaten Cirebon berdasarkan anggaran APBN 2009 oleh pihak penyelenggara PPK-08 / BBWS Cimanuk-Cisanggarung Cirebon dikerjakan abal-abal dan brutal yang mengarah pada kejanggalan pekerjaan jalan sepanjang 2,3 KM yang tengah dikerjakan itu pelaksanaannya sangatlah tidak jelas.

Jalan tersebut dalam system penetrasi, arti penetrasi tersebut adalah pemapasan /perataan gundukan jalan yang rusak.penimbunan badan jalan yang berlubang, pengerasan oleh alat stum (buldozzer), setelah itu baru dilaksanakan penimbunan kembali dengan kerikil /split dan aspal kucur.

Disamping tidak tercantumnya nominal dalam papan proyek juga tidak munculnya pekerjaan tersebut.padahal setiap pekerjaan yang menggunakan anggaran pemerintah harus disosialisasikan, agar masyarakat tahu berapa dan dari mana dananya.

Namun dari hasil investigasi kami dilapangan mencatat adanya kejanggalan tentang mutu pengerjaannya yang menyangkut arti dari penetrasi tersebut, diantaranya adalah tidak adanya pemapasan gundukan jalan yang rusak terlebih dahulu, badan jalan ditimbun dengan tanah liat, garis pembatas badan jalanpun dibatasi dengan tanah liat yang tidak menjamin kekuatan/mutu dan volume jalan saat digunakan,bahkan pekerjaan ini dilaksanakan asal jadi saja, sehingga diperkirakan hasilnya tidak akan bertahan lama karena tidak sesuai bestek.

Meski pekerjaan jalan inspeksi Seuseupan tidak jelas, tetapi jalan terus.Proyek mana yang tidak menuai untuk mau dan menelan puntung, motif untung besarpun sudah diperhitungkan dan menilai mutu yang maksimal.

Apakah memang benar proyek jalan Inspeksi Seuseupan ini tambal sulam, dan bukan proyek abal-abal dan berfoto buram?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

F A K T A (FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)Cirebon