Minggu, 17 Januari 2010

KOMUNIKASI EFEKTIF

Dalam kehidupannya manusia selalu melakukan kegiatan komunikasi sebagai bukti kesadaran akan keberadaannya yaitu mengadakan aksi dan bereaksi yang datang kepadanya.

Seseorang yang mencoba memisahkan atau mengasingkan dirinya dari dunia ramai dan hidup menyendiri di suatu tempat terpencil, pada hakekatnya juga tidak dapat dipisahkan hidupnya dari kegiatan komunikasi, sekurang-kurangnya berkomunikasi dengan dirina sendiri, hal ini tidak dapat dihindari. Apabila kalau yang bersangkutan percaya pada suatu kekuatan ghaib yang menguasai kehidupannya dan alam semesta ini, tentu berkomunikasi dengan ghaib itu sekurang-kurangnya pernah ia lakukan.

Selagi hidup manusia selalu melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya, dalam hal ini kegiatan komunikasi paling banyak dilakukan.

Komunikasi merupakan suatu tingkah laku perbuatan atau kegiatan penyampaian yang mengandung makna dan arti, atau perbuatan penyampaian suatu gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain.

Komunikasi yang efektif merupakan suatu kontak sosial dan komunikasi sosial, dimana kontak sosial yang terjadi dapat bersifat negatif maupun bersifat positif.karena komunikasi akan mempengaruhi sifat hubungan yang terbentuk dari suatu proses.

Komunikasi yang efektif akan menghasilkan lima unsur, diantaranya:

  1. Pemahaman

Merupakan penerimaan yang cermat terhadap isi Stimulus

2. Kesenangan

Komunikasi bukan hanya untuk menyampaikan informasi ataupun sekedar adanya pengertian melainkan juga untuk menimbulkan Rasa senang dan komunikasi bisa berlangsung lebih santai.

3.Mempengaruhi Sikap

Komunikasi persuasif merupakan proses mempengaruhi sikap dan tindakan orang lain dengan menggunakan manipulasi psikologis

4. Hubungan sosial yang semakin baik

Individu sebagai mahluk sosial pada dasarnya membutuhkan orang lain dalam berhubungan yang positif

5. Tindakan

Adanya tindakan nyata merupakan indikator efektifitas komunikasi, sekaligus sebagai hasil kumulatif dari proses komunikasi yang efektif.

Langkah persiapan untuk berbicara efektif harus jelas lebih dahulu :

  • 1. Apa isi / Subject dari pembicaraan

Pilihlah isi yang lingkupnya sempit

  • 2. Tujuannya Apa

Ada beberapa tujuan diantaranya :

- Memberi keterangan

- Menganalisa masalah

- Memberi rekomendasi

- Membujuk

- Menghibur

Pembicara gagal dalam berbicara dengan efektif bila tidak sesuai dengan tujuannya

  • 3. Pendengar, Audiens, hadirin

Mengetahui semua tentangnya,:

- Berapa Jumlahnya?

- Berapa usianya?

- Latar belakangnya?

- Apa minatnya?

- Apa yang mereka harapkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

F A K T A (FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)Cirebon