Senin, 18 Januari 2010

GARAM dalam INTERPRETASI

Dalam khazanah perbumbuan, garam merupakan unsur terpenting untuk membentuk kesatuan dan kesempurnaan rasa, meski volume yang diperlukan kadangkala hanya sedikit saja, namun kehadiranya sangat menentukan.

Oleh karena kekhasan rasa garam dam peranya dalam membentuk rasa, maka kehidupan yang datar tanpa gairah dan tawar-tawar saja disebut “ bagai sayur tanpa garam”

Memperbincangkan garam, pikiran kita tidak dapat melupakan dua ungkapan yang sangat bertolak belakang dalam substansi maknanya walau keduanya mengandung kata-kata garam. Ungkapan pertama “ asam digunung garam dilaut bertemu dalam belanga”. Kedua “ saya telah cukup banyak makan garam maka jangan coba-coba”

Ungkapan pertama melambangkan perjodohan, pertemuan yang mencerminkan muatan nilai-nilai sinergi unsur-unsur berbeda, namun bila dilakukan secara proporsional serta sesuai dengan aturan dan kaidah-kaidah akan menghasilkan suatu produk baru ( Rasa ) yang mempunyai nilai tambah ( added value).

Ungkapan kedua melukiskan sikap SDM yang bernuansa arogan, mengandalkan Senioritas, reaktif dan paternalistik.

Bila kita memproyeksikan kedua ungkapan diatas kedalam tatanan strategi peningkatan kualitas SDM FAKTA, maka Garam dalam ungkapan Kedua merupakan representasi Budaya LAMA, sedangkan garam dalam ungkapan pertama mewakili nilai-nilai kultur SDM baru yang menjadi sasaran dari penerapan sistem manajemen kinerja organisasi.

Melewati perpektif ini terlihat bahwa kesuksesan progma sistem manajemen kinerja organisasi sangat ditentukan oleh beberapa jauh kita membaca fenomena garam, serta mampu menjadikan diri sendiri seperti garam dalam ungkapan pertama dan dapat bersinergi dengan elemen-elemen lain atau garam yang mesti sedikit, namun menentukan keutuhan rasa sepiring makanan. Dengan kata lain , SDM yang biarpun bergolongan kecil, tetapi mewarnai konstalasi penyelenggaraan negara. Sebab pengakuan organisasi dan lingkungan terhadap eksistensi kita terletak pada seberapa besar kontribusi yang kita berikan dengan peningkatan kinerja organisasi bukan SENIORITAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

F A K T A (FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)Cirebon