Selasa, 05 Januari 2010

Profile FAKTA Cirebon

FAKTA CIREBON

(FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)

“Fakta hanya mungkin dapat dipahami kalau sejarahnya ditempatkan dalam konteks dinamika Hubungan “masyarakat dan Negara”ditanah Air kita ini.”

Deklarasi Tanggal 17 Agustus 2009

Jati Diri : Kebangsaan, Kerakyatan, dan Keadilan sosial

Watak : Demokratis,Egalitas,Merdeka, dan Pantang menyerah

Tugas : Melaksanakan Pancasila sebagai Dasar negaradalam kehidupan

Bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mempersiapkan kader bangsa.

Visi :

Menegakan intelektualitas yang dipersiapkan sebagai garis terdepan dalam hal-hal yang berkaitan dengan social, poltik, Ekonomi, kebudayaan, dan kemahasiswaan serta mencetak kader bangsa yang berjiwa pancasila.

Misi :

· Menciptakan peran serta yang dimiliki mahasiswa

· Mewujudkan tatanan dan pengembangan organisasi, advokasi masyarakat, mahasiswa serta pengembangan Intelektual dan kajian strategis.

STRATEGI PERJUANGAN KULTURAN DAN STRUKTURAL

INDIKATOR

KULTURAL

STRUKTURAL

Ciri Pokok

Substansialis/Inklusif

Formalisti/Ideologi

Sifat

Horisontal kemasyrakatan

Vertikal elitis

Arah Tujuan/sasaran

Mempengaruhi perilaku social/cara berfikir masyarakat

Mempengaruhi/mengubah struktur

Metode

Penyadaran dan moral force

Pemerdayaan dan aliansi

Sarana

Simpaosium, seminar, diskusi, lobi

Struktur teknis

Jangkauan

Titik berat pada individu

Mobilisasi kolektivitas

SUSUNAN PENGURUS

  1. Dewan penasehat
  2. Ketua
  3. Wakil Ketua
  4. Sekretris
  5. Bendahara
  6. Divisi-divisi
    • Divisi Advokasi dan propaganda
    • Divisi Kesra dan Agitasi
    • Divisi Organisasi
    • Divisi kominfo
    • Divisi Pemuda dan organsasi
    • Divisi lingkungan hidup dan kebudayaan
    • Divisi Politik dan Kemasyarakatan

ANALISA STRATEGI

a) Ideologi

Ideologi pancasila sadar atau tidak, terasa mulai tergusur dan diberbagai aspek terlihat dan teras, ternyata telah bergeser ke ideology Liberalis

b) Politik

Berbagai konflik elit politik mengakibatkan proses demokrasi menjadi tidak efektif, tidak efisien, tidak transparan bahkan tidak partipasif.Saat ini Indonesia sedang dalam situasi masa transisi yaitu beralihnya sistem sentralisasike otonomi sejati.Perubahan itu sendiri memiliki latar belakang yang baik, namun lemahnya aturan dan tatanan yang mengatur perjalanan sistem itu, sungguh sangat menjadi federalistis.

c) Ekonomi

Kredibelitas ekonomi bangsa terus terpuruk, sector riil ekonomi dan investasi dari luar masih enggan masuk kedalam negeri.Utang Negara walaupun sebagian telah dibayar namun Negara masih belum mampu menemukan jai dirinya sebagai bangsa yan berdaulat, kaya akan sumber daya alam, masyarakat Indonesia tetap masih pada posisi seperti orang peminta-minta dan kehilangan harga diri dan identitas.

d) Sosial budaya

Menipisnya kepedukian dan kesetiakawanan, terus masih mewarnai budaya bangsa.Pengangguran masih terus membengkak, kemiskinan masih terus mewarnai kehidupan banyak rakyat.Maraknya prasangka social saling curiga saling mejegal dan saling tidak percaya semakin membudaya penyakit masyarakat seperti narkoba dan sebagainya nyata tetap tumbuh dan ini adalah akibat mental sebagian besar oknum aparat penegak hukum yang terkolusi dari sejak awal.

e) Keamanan

Hukum terlihat lemah dan diterapkan secara tebang pilih, hukum masih dilaksanakan oleh mayoritas penegak hukum yang moralitasnya keropos, bahkan hukum sering diterapkan untuk kepentingan politis pihak tertentu.KKN masih tetap subur dan merusak hamper seluruh lapisan soisl dan sangat sulit diberantas.Knflik social diprediksi akan terus rawan apabila ketahan social lemah.Maraknya korupsi dan penegakan hukum yang belum konsisten dulaksanakan masih menjadi alasan, sehingga pihak luar tetap enggan melakukan investasi.

Melalui Analisa Strategis FAKTA sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan akan terus berjuang tanpa menyerah untuk memberikan kontribusi sekaligus mengajak berbagai lapisan masyarakat dengan lebih rasional mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para The Founding Father Bangsa, demi nasib bangsa dimasa mendatang.

Untuk mendukung keberhasilan perjuangan FAKTA harus menyadari potensi posisinya sejak awal yang memiliki kekuatan, kelemahan, dan dalam berjuang tidak akan terlepas dari berbagai hambatan dan tantangan:

Namun harus dipahami bahwa Undang-Undang memberikan jaminan bagi segenap komponen bangsa untuk turut serta dalam membangun dan mengawal perjalanan bangsa.

Metode S-W-O-T hingga kini masih relevan untuk dipedomani.Dengan metode tersebut FAKTA jangan cepat puas dan hanya melihat memanfaatkan kekuatan maupun potensi yang ada, namun potensi yang ada harus dikembangkan, termasuk untuk menemukan berbagai kelemahan terutama menyangkut Sumber Daya Manusia jajaran saat ini.FAKTA juga harus jeli mencari peluang yang dapat diraih dengan tetap mewaspadai ancaman dari berbagai kendala yang akan dihadapi.

STRENGTH (KEKUATAN)

Kekuatan yang anggap berpengaruh, antara lain :

  1. Tekad dewan pendiri dalam menghimpun, mendorong dan meyakinkan berbagai tokoh mahasiswa untuk terus berjuang mau dan mampu berjuang membesarkan FAKTA
  2. FAKTA bsngkit sebagai lembaga kemahasiswaan yang memiliki flatform Nasionalis dan dilatar belakangi oleh semangat juang tanpa menyerah, rela berkorabn dan mewujudkan lahirnya pemikiran intelektual yang befokus kepada terciptanya keadilan, keamanan, dan terwujudnya pemulihan hukum dan ekonomi bangsa.
  3. FAKTA memiliki misi yang menitik beratkan pada kajian strategi, telah membangun satu organisasi kemahasiswaan yang mulai menarik banyak pihak walaupun belum maksimum.

WEAKNESSES (KELEMAHAN)

SDM FAKTA

  1. Perlu harus dipoles sehingga lebih mampu tampil mejadi aktivis mahasiswa yang berkualitas
  2. Kemampuan berorganisasi khususnya dilembaga kemahasiswaan harus ditingkatkan lagi sehingga lebih baik dan lebih berkualitas
  3. Semangat juang dan kekompakan sesama, perlu harus ditingkatkan sehingga tidak berhenti ditengah jalan.
  4. Pentingnya terus ditumbuhkan kembangkan kejujuran dan pemahaman perihal istilah watak dan jati diri FAKTA didalam organisasi.
  5. Kegiatan sosialisasi, komunikasi dialogis sampai ketahap penerimaan dan partisipasi sehingga ke grass root terlihat masih minim.

PELUANG

  1. FAKTA merupakan lembaga kemahasiswaan yang memiliki platform perjuangan spektif dan diyakini akan menjadi perhatian banyak kalangan
  2. Kemungkinan adanya krisis identitas terhadap organisasi pergerakan mahasiswa, akan memberikan peluang bagi FAKTA untuk merebut simpati
  3. Keberadaan keluarga besar FAKTA akan merupakan suatu potensi yang apabila mekanismenya dapat dimantapkan, tidak mustahil FAKTA akan menjadi salah satu kekuatan mahasisa yang bersifat strategis bagi upaya pengembangan organisasi mahasiswa.

ANCAMAN, TANTANGAN DAN KENDALA

01.ANCAMAN

Ancaman yang mungkin timbul menghadang FAKTA adalah:

  1. Menipisnya kejujuran dan keterbukaan para organisasi kemahasiswaan dalam pengelolaan organisasi dan hal tersebut menimbulkan apatisme dan ketidak percayaan mahasiswa kepada lembaga kemahasiswaan
  2. Karekteristik mahasiswa yang cenderung hedonisme dan acuh terhadap persoalan bangsa
  3. Ancaman perpecahan organisasi harus diantisipasi secara dini, tidak tertutup kemungkinan akan timbul ketidak puasan kader hanya karena pengelolaan organisasi yang kurang professional dan akhirnya mereka harus meninggalkan organisasi.

02.TANTANGAN

  1. Kader FAKTA akan menghadapi berbagai perubahan social diberbagai aspek kehidupan, baik berupa aspirasi baru maupunkelompok social baru dalam struktur masyarakat
  2. Sejalan dengan keadaan tersebut berbagai harapan untuk dapat berpatisipasi secara efektif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta munculnya kesadaran akan kemajuan masyarakat, yang semakin menunut iklim keterbukaan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.
  3. Bebagai kemajuan dalam bidang ekonomi yang ditandai dengan pengaruh proses globalisasi yang terus mengut telah menimbulkan berbagai tantangan akan keharusan mempersempit kesenjangan social, menimbulkan sikap kemandirian dan mengembangkan etos kerja secara professional serta mengurangi berbagai dampak negative pembangunan seperti masalah tanah, masalah perburuan, lapangan kerja, dan berbagai problematic lainya, nyata dalam kehidupan masyarakat antara lain masih rendahnya perolehan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat petani dan nelayan.
  4. Munculnya berbagai gejala kejenihan, kecemburuan. Dan berbagai ketidak puasan serta kekecewaan terhadap situasi dan kondisi saat ini yang terakumulasi dari waktu kewaktu, yang berpotensi menimbulkan konflik
  5. Kehidupan social yang berkaitan dengan keagamaan dan pririordialisme yang berkembang dimsyarakat harus selalu diikuti, dikaji dan dipertimbangkan secara khusus sehingga hal tersebut dapat kita upayakan atau ita tempatkan sebagai factor yang menguntungkan bagi FAKTA

03.KENDALA

  1. Tubuh kembangya fakta sebagai organisasi baru dan jangkauan perangkat organisasi sampai tingkat pelaksana tugas diberbagai perguruan tinggi, benar adalah merupakan kekuatan , namun apabila tiadak diikiuti dengan kesiapan kapasitas untuk melakukan pendataan yang baik hanya karena manajemen organisasi yang sepenuhnya belum tertata, maka bergeser kepada kekuatan itu tidak mustahil akan dengan mudah bergeser kepada kekuatan lain, dan pengalaman empiris untuk itu sudah banyak.
  2. Belum mantapnya sistem pengelolaan kader dan pelaksanaan proses kaderisasi, dalam upaya pembentukan kader-kader FAKTA yang berkualitas yang mempunyai daya jangkauan luas terhadap berbagai tuntutan perkembangan dinamika mahasiswa dan masyarakat.
  3. Masih adanya kelemahan dalm pelaksanaan konsolidasi maupun disiplin organisasi pada sebagian jajaran pengurus yang seringkali menjadi penghambat mekanisme kerja organisasi.
  4. Belum mantapnya FAKTA membangun sistem komunikasi kajian yang bersifat dialogis dalam baerbagai tingkatan internal organisasi apalagi dengan masyarakat luas.

RENCANA SRATEGIS

A. Fokus kegiatan dititk beratkan pada mplementasi misi organisasi dengan tetap memperhatikan kemantapan organisasi, mekanisme hubungan dan tata cara kerja organisasi, serta perangkat pendukung yang memadai.

B. TUJUAN DAN SASARAN

TUJUAN

1) Menyusun strategi organisasi yang meliputi nilai kemampuan dan kebutuhan

2) Ikut membangun kehidupan politik kampus yang demokratis dengan menjungjung tinggi moral dan etika

3) Menampilkan kader FAKTA ntuk menjadi pemimpin baik dilegislatif maupun executive pada tingkatan perguruan tinggi

SASARAN

1) Terbentuknya lembaga kemahasiswaan yang potig (mantap)

2) Terbangunnya hubungan dan tata cara kerja organisasi yang serasi, selaras serta terarah

3) Tersedianya perangkat pendukung yang mewadai

C. STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran (output)

1) Organisasi yang kokoh murtlak harus dibangu dan diwujudkan

2) Kegiatan terencana dan terukur

3) Membangun dan mempersiapkan perangkat pendukung yang memadai secara terbuka

PEDOMAN PELAKSANAAN

1) Tahap persiapan

Tahap ini berisi kegiatan pemantapan konsolidasi terutama

2) Tahap Pembinaan

Upaya peningkatan pelaksanaan kaderisasi serta penyiapan segala perangkat yang diperlukan

3) Tahap Persiapan Pemantapan

Upaya pemantapan hasil yang dicapai dalam tahap pembinaan

4) Tahap Pelaksanaan program Kegiatan

Diperlukan kesiagaan dan pengarahan segal daya upaya secara optimal, efisien dan efektif

5) Tahap Evaluasi Akhir

Merupakan tahap akhir dari keseluruhan langkah dalam renstra ini yaitu dilaksanakanya evaluasi secara menyeluruh terhadap hasil dan sasaran yang sudah dicapai dan menjadi pegangan dalam langkah-langkah selanjutnya.Keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran renstra sangat ditentukan oleh perangkat pelaksanaan termasuk dana dan kekompakan seluruh jajaran FAKTA.

POKOK KEBIJAKSANAAN

  1. Konsolidasi Idil

Upaya peningkatan wawasan untuk pemantapan, memperkokoh, memperdayakan, serta memperluas pemahaman nilai-nilai fundamental Pancasila dan UUD 1945 dikalangan kader FAKTA menjadi hal penting harus dilakukan

  1. Konsilidasi Kelembagaan

a) Pemantapan dan pembangunan organisasi mulai dari ketua divisi, dan anggota

b) Pemantapan dan penyempurnaan tata cara kerja organisasi diseluruh jajaran untuk mendukung mekanisme kerja agar lebih berdaya dan berhasil guna

c) Pembentukan perangkat kerja yang mendukung aktivitas organisasi khsusnya team disiplin organisasi

d) Pemantapan koordinasi dan komunikasi vertical dari horizontal dilingkungan keluarga besar FAKTA, sehingga dapat lebih mewujudkan gerak langkah organisasi.

  1. Konsolidasi Kader

a) Pemantapan penyelenggaraan kaderisasi yang meliputi proses mekanisme rekrutment kader, jenjang kader dan promosi kader

b) Pelaksanaan diklat-diklat sebagai uapaya memenuhi kebutuhan penggalangan dan pendidikan kader lanjutan dalam rangka peningkatan kualitas kader

c) Pendaya gunaan kader secara optimal untuk kepentingan perjuangan organisasi dimasa mendatang

  1. Konsolidasi Anggota

a. Pemantapan sistem adminitrasi keanggotaan sesuai perkembangan

b. Peningkatan komunikasi anggota dan perdaya gunaan anggota semaksimal mungkin sebagai penggerak pembangunan organisasi di lingkungan dan atau kampus masing-maing

STRATEGI ini dirumuskan dan untuk selanjutnya segenap jajaran organisasi mulai dari ketua sampai anggota biasa dengan konsisten dapat mempedomani dan kemudian bertindak sesuai skala prioritas sesuai dengan yang digariskan dalam rencana strategis dan menjadi pedoman internal organisasi dan bukan untuk dipublikasiskan ke publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

F A K T A (FORUM MAHASISWA KAJIAN STRATEGIS dan AKSI)Cirebon